Luar biasa! 4 Buah-buahan dengan kandungan Vitamin A

4 Buah-buahan dengan kandungan Vitamin A

Pembaca yang budiman, kali ini saya akan memberikan  4 macam buah dengan kandungan vitamin A yang berguna dan bermanfaat bagi kita. 4 buah tersebut sangat familiar dengan kita semua, bahkan mungkin kita sering memakannya sebagai camilan, atau bisa juga di buat jus.

Berikut 4 buah dengan kandungan vitamin A

 1.  Wortel

4 Buah dengan kandungan Vitamin A


Siapa yang gak tahu wortel? Wortel biasa tumbuh di daerah dataran tiggi atau pegunugan. Kita juga tahu bahwa wortel dipercaya mempunyai vitamin yang ampuh untuk mengobati mata, yaitu vitamin A, vitamin a yang cukup tinggi.  Namun jangan salah, wortel tak hanya mengandung vitamin A saja tapi juga menyimpan kandungan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, meski kaya gizi, masih banyak orang yang kurang menyukai sayuran berwarna oranye ini karena baunya yang agak anyir atau wangur tapi bercampur manis.

Wortel mengandung berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan, dan senyawa tumbuhan yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa senyawa yang terkandung di dalam wortel di antaranya Beta-karoten, Alpha-karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene, dan Anthocyanin yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk melawan kanker. Sedangkan kandungan vitamin yang ada pada wortel bukan hanya sebatas vitamin A tapi juga mengandunng vitamin C, D, E, dan K yang penting untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.


      2.    Jambu merah

4 Buah dengan kandungan Vitamin A


Bahkan, jambu biji kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, serta kalium, dan antioksidan. Selain itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, serta folat, meski dalam jumlah yang tidak begitu banyak.

Manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonoid dan fitonutrien yang efektif untuk mencegah kanker.

 

Kandungan vitamin C dosis tinggi sebagai antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.


3.  Semangka

4 Buah dengan kandungan Vitamin A


Anda tahu semangka, buah hijau besar yang didalamnya berwarna merah, yah itulah semangka, banyak mengandung air. Kenapa semangka berwarna merah? Zat likopen, sebagai penghasil warna merah pada semangka, ternyata memiliki khasiat yang cukup tinggi bagi kesehatan tubuh Anda.

Semangka mempunyai kandungan vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.

 a. Vitamin A

Cukup makan secangkir potongan semangka yang mengandung 46 kalori, maka Anda telah mencukupi 17% dari asupan vitamin A Anda setiap hari. Vitamin A bagus untuk mata, kesehatan kulit, dan sistem imun tubuh.

b. Potasium

Buah ini mengandung potasium tinggi yang sanggup mengurangi risiko serangan jantung, membantu menekan kolesterol, membantu peredaran darah, serta menjaga detak jantung. Khusus pada performa tulang, potasium mempertahankan kalsium yang akan menjaga tulang-tulang Anda sehat dan kuat.

c. Vitamin C

Buah semangka mengandung vitamin C tingkat tinggi (secangkir semangka mencukupi 20% asupan harian vitamin C). Dengan demikian, sistem imun Anda akan diperkuat, dan vitamin C ini melindungi tubuh Anda dalam melawan radikal bebas. Vitamin C juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka.

d. Vitamin B6

Buah semangka memiliki kandungan B6 yang cukup baik. Vitamin B6 sangat dibutuhkan untuk memproduksi beberapa zat kimia pada otak yang bisa mempengaruhi mood dan perilaku seseorang (serotonin, dopamine, neropinephrine dan gamma-amino butyric acid/GABA).

Ketidakseimbangan akan hal-hal itu cenderung berujung pada mood yang labil, emosional, depresi, serta risiko terkena penyakit Parkinson. Selain itu, B6 mampu menekan short-term memory, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh pelajar.

f. Antioksidan

Mengonsumsi banyak buah semangka baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena semangka mengandung antioksidan yang mencukupi seperti beta karoten, vitamin C, lutein, dan zeaxanthine. Zat-zat tersebut akan melindungi mata Anda dari gejala-gejala yang berkaitan dengan faktor bertambahnya usia, seperti rabun senja dan glukoma.

g. Citrulline

Menurut penilitian Texas A&M University, AS, citrulline pada semangka membantu melenturkan pembuluh darah. Khasiat ini bahkan disamakan dengan reaksi ketika seorang pria menggunakan Viagra. Wow!

h. Likopen

Mengonsumsi semangka ternyata meningkatkan fungsi jantung, karena semangka mengandung zat likopen (terlihat dari warna merah pada semangka). Likopen mampu menghindarkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Likopen juga berperan penting terhadap kekuatan tulang, sehingga mengonsumsi semangka bisa mengurangi risiko osteoporosis. Hebatnya, likopen sanggup menekan risiko terserang kanker prostat, payudara, paru-paru, uterus, dan kolon.

 

4.  Jeruk manis

4 Buah dengan kandungan Vitamin A


Bukan rahasia lagi jika jeruk manis dikenal banyak mengandung kandungan nutrisi yang ada dalam jeruk manis

a. vitamin C 53,2 mg per 100 g

b. serat pangan pektin,

c. folat,

d. vitamin B1,

e. vitamin A serta


itulah 4 macam buah dengan kandungan zat atau vitamin yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi kita. Semoga  postingan ini bisa membantu pembaca sekalian agar suka dengan buah buahan.

Terimakasih.

1 Komentar untuk "Luar biasa! 4 Buah-buahan dengan kandungan Vitamin A"

  1. Terima kasih infonya, jambu biji merah juga bagus buat mencegah demam berdarah

    BalasHapus
Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel