HARUS TAHU! 7 Prinsip Pelaksanaan Kurikulum

 7 Prinsip Pelaksanaan Kurikulum

Kerangka   Dasar   Kurikulum   disusun   berdasarkan   Kelompok   Mata   Pelajaran,   Prinsip Pengembangan Kurikulum, dan Prinsip Pelaksanaan Kurikulum. Dalam   pelaksanaan   kurikulum di setiap   satuan   pendidikan menggunakan 7   prinsip   sebagaiberikut.

1. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didikuntuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.

2.Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan   jati   diri,   melalui   proses   pembelajaran   yang   aktif,   kreatif,   efektif,   dan menyenangkan.

3. Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan   kondisi   peserta   didik   dengan   tetap   memperhatikan   keterpaduan   pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

4. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima   dan   menghargai,   akrab,   terbuka,   dan   hangat,   dengan   prinsip   tut   wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).

5.Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multi strategi dan multimedia, sumber   belajar   dan   teknologi   yang   memadai,   dan   memanfaatkan  lingkungan   sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan).

6.Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.

7.Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan   pengembangan   diri   diselenggarakan   dalam   keseimbangan,   keterkaitan,   dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan

Belum ada Komentar untuk "HARUS TAHU! 7 Prinsip Pelaksanaan Kurikulum"

Posting Komentar

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel