6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan

Makanan tradisional Jawa Tengah terdapat begitu banyak dengan cita rasa bermacam- macam. Semacam yang lain, santapan tradisional Jawa Tengah pula memakai bumbu rempah serta bahan yang khas. Tidak heran, santapan khas Jawa Tengah jadi salah satu primadona.

Mencari santapan pedas, gurih serta manis? Seluruhnya dapat kamu miliki dalam masakan khas Jawa Tengah. Apalagi, tidak sedikit masakan tradisional Jawa Tengah yang mempunyai rasa perpaduan seluruhnya. Santapan berat ataupun ringan pula dapat kamu cicipi. Buat itu, tidak afdol rasanya kamu melupakan kuliner Jawa Tengah dikala berkunjung.

Lalu apa saja santapan tradisional Jawa Tengah yang harus dicoba?

 

1. Nasi Liwet

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Nasi Liwet

 

Santapan tradisional Jawa Tengah yang harus dicoba awal ialah nasi liwet. Jangan salah, nasi liwet tidak cuma dapat ditemui di Jawa Barat saja loh. Surakarta ataupun Solo nyatanya pula mempunyai santapan tradisional nasi liwet.

 

2. Nasi Gandul

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Nasi Gandul

 

Setelah itu terdapat nasi gandul yang jadi santapan tradisional Jawa Tengah berikutnya harus dicoba. Di sebagian wilayah, kata gandul; mempunyai arti ataupun makna lain. Semacam misalnya kates ataupun pepaya.

Tetapi, nasi gandul ini tidak terdapat faktor bahan dari pepaya sama sekali loh. Cuma saja, santapan tradisional ini disajikan dengan daun pisang. Nasi gandul disajikan dengan nasi putih serta kuah fresh. Beberapa lauk pauk pula dapat mendampingi nasi gandul ini paling utama daging sapi yang sudah diolah.

Mau mencicipi nasi gandul? Santapan tradisional ini berasal dari Pati, Jawa Tengah. Sehingga hendak lebih gampang menciptakan nasi gandul apabila kamu berkunjung ke Pati.

 

3. Soto Kudus

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Soto/ Sauto

 

Semacam namanya, santapan tradisional Jawa Tengah satu ini berasal dari Kota Kudus. Untuk sebagian orang, soto Kudus telah bukan lagi jadi santapan yang asing didengar serta dialami. Apalagi, soto Kudus pula banyak ditemui di beberapa kota tidak hanya kota Kudus.

Tetapi bila makan soto Kudus di tempat asalnya, kamu hendak merasakan sensasi yang berbeda. Gimana tidak, soto Kudus ini hendak disajikan dengan daging kerbau bukan sapi. Tidak hanya itu, kuah bening dengan ditambah asam Jawa jadi salah satu karakteristik khas soto Kudus.

Soto Kudus hendak terus menjadi nikmat apabila ditambah dengan nasi, tauge, mie, daun seledri serta bawang goreng. Tenang saja, umumnya pula hendak disajikan bermacam- macam lauk pauk sampai sate- satean. Mulai dari gorengan, perkedel, paru kerbau sampai sate telur puyuh.

 

4. Jenang Kudus

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Dodol Kudus

 

Tidak cuma soto Kudus saja, kota ini pula mempunyai santapan tradisional Jawa Tengah yang lain. Bila tadi santapan berat, hingga saat ini bergeser ke kemilan ringan. Kemilan ini ialah jenang Kudus. Jenang satu ini pasti berbeda dengan dodol Garut. Jenang Kudus cenderung mempunyai cita rasa yang tidak sangat manis dibandingkan dodol Garut.

Tidak hanya itu, tekstur pada jenang Kudus merupakan lembut serta empuk. Kemilan satu ini dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dicampur dengan gula pasir, gula merah serta wijen. Adonan itu nantinya dimasak sambil diaduk sampai mengental menyeluruh.

Sehabis matang, jenang Kudus ini hendak didinginkan, dicetak kemudian dibungkus dengan plastik. Menariknya, terdapatnya wijen di dalam jenang Kudus membuat cita rasa jadi gurih serta bertekstur legit. Jadi, jangan hingga melupakan membeli jenang Kudus apabila mampir ke kota asalnya yah.


5. Gethuk

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Gethuk Sokaraja

 

Bila kamu berkunjung ke Jawa Tengah terutama darah Sokaraja  Banyumas Purwokweto jangan lewati buat mencicipi gethuk. Kemilan ini dibuat dari olahan singkong loh. Tidak butuh takut, gethuk mempunyai tekstur yang lembut di mulut. Metode penyajiannya pula lumayan menarik dengan motif yang menggugah selera.

Gethuk dibuat dari ketela rebus ataupun singkong yang dihaluskan sampai lembut. Setelah itu adonan gethuk ini diberi perona santapan bermacam rasa. Dikala disajikan, gethuk hendak diberi taburan kepala parut yang sudah dikukus tadinya.

Tidak hanya gethuk basah, terdapat pula gethuk goreng. Semacam namanya, gethuk tipe ini lewat proses penggorengan. Santapan khas wilayah Sokaraja, Banyumas ini mempunyai cita rasa manis serta gurih yang didapat dari kombinasi gula merah. Umumnya gethuk goreng hendak dikemas dengan memakai besek anyaman bambu.

 

6. Lumpia Semarang

6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan
Lumpia

 

Santapan tradisional Jawa Tengah yang satu ini pula tidak begitu asing di kuping sebagian warga. Lumpia Semarang, semacam namanya kemilan ini berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Lumpia sendiri dibuat dari susunan gandum bagaikan kulitnya. Setelah itu diisi oleh tumisan sayur- mayur maupun daging serta ayam.

Hendak namun, pada biasanya lumpia Semarang hendak berisi tumisan sayur rebung. Butuh dikenal pula, lumpia Semarang ada 2 tipe ialah lumpia kering serta lumpia basah. Perbedaannya cuma terletak di kulit susunan gandum nya saja.

Supaya dapat merasakan lumpia Semarang secara otentik, kamu wajib berkunjung ke Kota Semarang. Jangan kurang ingat pula membeli lumpia buat dibawa kembali bagaikan oleh- oleh. Dipastikan keluarga di rumah tidak menyesal mencicipi kemilan khas Semarang satu ini.

1 Komentar untuk "6 Santapan Tradisional Jawa Tengah Harus Dicoba, Rasa Khas serta Buat Ketagihan"

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel