5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow

 Halo Blogger indonesia

Kehabisan inspirasi buat ngeblog nih? Jangan sedih. Seringkali untuk mengatasi writer’s block, Anda hanya perlu mengunjungi blog-blog lain atau blogwalking. Cara ini cukup efisien dan efektif untuk mendatangkan inspirasi menulis atau meng-upgrade tampilan blog. Apalagi jika blog yang Anda kunjungi masuk ke jajaran blogger Indonesia yang sukses.

Namun terkadang, menemukan blog baru untuk dikepoin adalah pekerjaan yang memakan waktu. Maka dari itu, artikel ini akan mempermudah pekerjaan Anda mencari inspirasi dari blogger Indonesia.

Di artikel ini, Anda bisa menemukan hal-hal yang pasti dilakukan blogger sukses Indonesia untuk meraih kesuksesan. Selain berbicara soal teori, panduan, kiat, tips, dan apapun itu ─ artikel ini juga akan mengajak Anda mengintip bagaimana para blogger terkenal ini menerapkan semua teori ke dalam blognya. Jadi, Anda bisa lebih paham bagaimana menerapkan hal yang sama di blog pribadi Anda.


Rahasia Para Blogger Sukses

Apa rahasia sukses di balik blogger Indonesia yang terkenal? Menjawab pertanyaan itu jelas lah susah-susah-gampang. Sebab, setiap blogger memiliki jurus jitunya masing-masing untuk bisa menarik pembaca dan pengikut (follower). Jadi mengungkap satu rahasia dan menerapkannya di blog pribadi, belum tentu menjamin kesuksesan Anda.

Namun, jangan buru-buru pergi! Kami tahu Anda tetap penasaran dengan pertanyaan di atas. Maka dari itu, kami berusaha mengamati sejumlah blogger Indonesia terbaik dan mencari pola mengapa mereka bisa sukses dan terkenal.

Sejauh ini ada dua faktor kuat yang membuat blogger sukses meraih keberhasilannya. Pertama, perhatian pada aspek teknis. Kedua adalah kualitas konten. Supaya ringkas kedua faktor itu akan dijelaskan dalam poin berikut.

Perhatian pada aspek-aspek  teknis berikut.

    ·  Menggunakan top-level domain (TLD). Hampir semua blogger sukses menggunakan TLD untuk meningkatkan domain authority-nya. Dengan TLD, ada kemungkinan besar bagi Anda untuk menempati posisi atas dalam hasil pencarian Google. Cek ketersediaan calon nama domain dan dapatkan berbagai domain murah di google.

    ·    Menginstal tema yang user-friendly. Tema website yang estetis tak hanya indah dipandang mata. Ia juga bisa mendongkrak kualitas konten yang Anda buat. Sebagai gantinya, audiens betah berlama-lama menikmati blog Anda. Sudah mengincar tema blog tertentu? Cari tahu di mana mendapatkannya lewat theme detector.

    · Perhatikan layout dan desain blog. Semua elemen yang bisa dilihat mata akan sangat mempengaruhi mau-tidaknya pengunjung kembali ke blog Anda. Semua hal mulai dari whitespace, pemilihan font, navigasi, dsb, harus mulai Anda perhatikan.

    · Optimasi gambar. Gambar beresolusi memang memuaskan untuk dipandang. Tapi sering kali, itulah yang menyebabkan waktu loading semakin lama. Di artikel berikut, Anda akan menemukan tips dan trik optimasi gambar.

    · Pegang prinsip SEO. SEO adalah kunci utama untuk menjadikan blog Anda menyenangkan untuk diakses. Baik bagi mesin pencari, maupun pembaca manusia..

Di samping hal-hal teknis, kualitas konten juga sangat penting untuk diperhatikan. Toh, pada akhirnya, Anda menulis untuk pembaca manusia. Bukan untuk mesin. Maka dari itu coba pilih topik blog menarik yang Anda kuasai sekaligus memiliki banyak peluang disukai pengunjung. Dari situ kembangkan topik menjadi suatu konten yang kaya informasi, nilai-nilai personal, cerita unik, dan bermanfaat bagi pembaca.

Nah, semua faktor tersebut barulah teori. Lalu, bagaimana blogger Indonesia yang berhasil mempraktikkan semua teori itu ke dalam blognya? Pertanyaan itulah yang akan kami jawab di bagian selanjutnya.

Di bawah ini, Anda akan kami ajak untuk mengamati bagaimana blogger Indonesia yang sukses memadukan aspek teknis dan kualitas konten ke dalam blognya. Kesepuluh blog yang kami pilih mewakili berbagai niche dan gaya menulis. Semoga Anda bisa menemukan inspirasi dari ulasan ini ya~

 

1. Dani Rachmat

5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow


Lewat blognya, Dani Rachmat berhasil membalik asumsi umum soal topik keuangan dan finansial. Ketika umumnya orang menganggap kedua topik itu sebagai hal engan dan sulit dipahami, Dani berhasil menyajikan pembahasan keduanya dengan ringan dan tanpa menghilangkan detail informasi. Sama seperti slogan blognya, “Duit dan Hidup diobrolin santai”.

Terdapat tiga kategori utama di blog Dani, yaitu Perencanaan Keuangan (Dana Pendidikan, Asuransi, Dana Pensiun, Reksadana, Investasi Saham), Review (review film, buku, musik dan CD, produk teknologi dan kuliner), serta Advertorial. Meski kategori kontennya cukup luas, Dani terbilang unggul dalam topik asuransi, perencanaan keuangan, dan investasi.

Desain tampilan blog ini sebetulnya sangat sederhana. Kombinasi warna putih-hijau yang sedikit mengingatkan Anda pada lembaga keuangan ber-tagline mengatasi masalah tanpa masalah. Apakah itu sengaja? Entahlah. Namun pastinya, blog ini benar-benar menyajikan segala informasi dan tren keuangan dengan akses yang mudah. Bahkan di sidebar sebelah kanan, terdapat dokumen excel yang bisa Anda isi untuk mengecek kesehatan keuangan dan profil risiko.

Dari sisi konten? Jangan ditanya lagi. Dani yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia perbankan ini, menggunakan gaya bahasa kasual dan mudah dipahami di tiap kontennya. Persis seperti seorang teman sebaya yang mengajak Anda membicarakan hal-hal ringan. Walaupun begitu, gaya bahasa yang digunakan tetap tak mengurangi bobot informasi yang disampaikan.

Catatan inspirasi dari Dani Rachmat:

    ·         Pilih niche blog yang unik, spesifik, dan sesuai dengan keahlian Anda.

    ·         Buat downloadable content untuk audiens.

    ·         Gunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

    ·         Terapkan prinsip-prinsip SEO dalam blog.


2. Duck of York

5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow


Duck of York adalah blog yang penuh akan inspirasi. Sekali mengunjungi blog ini, Anda akan merasa termotivasi untuk meng-upgrade banyak hal dalam blog pribadi Anda. Bagaimana tidak?  Blog ini menggabungkan visual yang benar-benar apik, tulisan yang panjang dan menarik, serta elemen personal yang sangat kentara.

Tak bisa dipungkiri kesehariannya sebagai content manager sebuah clothing line membuat Agi Tiara Pranoto, penulis di balik Duck of York yang juga hobi main PUBG Mobile ini, berhasil membungkus ketiga elemen dengan paripurna.

Bicara soal tampilan, blog milik Agi ini memang benar-benar memanjakan mata. Seketika masuk ke halaman depan, Anda akan disuguhi judul blog berlatar putih dengan tampilan fullscreen. Begitu di-scroll ke bawah, Anda akan menemukan banyak foto beresolusi besar dengan editan yang sangat estetis. Setiap post dalam blog memiliki gaya visual yang berbeda. Ini membuat setiap post memiliki mood dan nuansa yang unik.

Meski visual blognya sudah sangat kuat, Agi tak kendor menyajikan konten yang berkualitas. Tulisan-tulisan di blognya bukan tipikal yang bisa Anda baca dengan metode skimming. Sebaliknya, Anda  diajak untuk membaca perlahan dan menikmati storytelling yang hidup, detil, lucu, dan menyenangkan. Di samping itu, Anda juga disuguhi segudang informasi baru yang bermanfaat. Intinya, Anda takkan merasa lelah membaca artikel panjang yang Agi tulis.

Catatan inspirasi dari Duck of York:    

    ·         Tampilkan foto-foto menarik supaya pembaca betah berlama-lama di website.

    ·         Perkuat tulisan Anda dengan deskripsi yang detail, informasi yang lengkap, dan cerita-cerita unik.

    ·         Jadilah diri sendiri. Ketika Anda jujur dan percaya diri, personality Anda akan terlihat dalam tulisan.

 

3. My Tips Cantik

5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow


Harumi P.S adalah salah satu beauty blogger Indonesia yang cukup lama berkecimpung di dunia kecantikan. Awal mulanya, ia suka berbagai tips dan bahasan soal beauty di akun Twitter-nya. Karena keterbatasan karakter, di tahun 2010 ia mengembangkan sayap ke channel blog. Kini, ia juga secara aktif membuat konten di Instagram dan YouTube.

Di dalam My Tips Cantik, Anda bisa menemukan berbagai konten yang membantu menunjang penampilan. Mulai dari gaya rambut, fashion, hingga ulasan produk-produk kecantikan. Meski ada kategori konten lain seperti travel dan life, keduanya masih memiliki kaitan yang kuat dengan tema kecantikan yang dibawakan.

Di kesemua kategori konten yang ada, Harumi selalu bisa membawakan topik-topik yang sangat menarik. Jika Anda perhatikan, entah sengaja atau tidak, Harumi sering memberikan rekomendasi dan ulasan brand kecantikan dari berbagai segmen. Ia berhasil memperkenalkan produk high-end sekaligus memberikan alternatif produk versi drug-store. Lewat format konten macam ini, Anda bisa mendapatkan rekomendasi produk berkualitas mewah dengan harga yang miring.

Catatan inspirasi dari My Tips Cantik:

    ·         Teruslah membuat konten secara konsisten.

    ·         Jajal berbagai channel media sosial yang menunjang konten Anda.

    ·         Gunakan blog website sebagai database link menuju konten-konten di platform yang berbeda.


4. Iwan Banaran

5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow


Ramai. Itulah kesan pertama yang muncul ketika membuka blog Iwan Banaran. Banyak banner iklan hampir memenuhi tampilan website. Baik di atas header, sidebar kanan dan kiri, di bawah menu utama, hingga banner di bagian bawah halaman. Pada mulanya, mungkin Anda merasa risi dengan tampilan iklan yang begitu banyak. Namun, Anda akan paham mengapa begitu banyak perusahaan otomotif yang berebut ruang di blog ini.

Iwan Banaran sebetulnya mengambil niche yang cukup spesifik. Namun, ini tak membuatnya terjebak pada topik bahasan yang itu-itu saja. Dia membagi kontennya dalam lima kategori utama, yaitu reviews, gosip motor, racing, modifikasi, dan galeri. Seolah belum cukup, Cak Iwan juga menelurkan sejumlah sub-kategori di bawah menu Home. Di sana ia mendaftar merk motor dan basis negaranya, serba-serbi, serta tips dan trik.

Dengan banyaknya kategori, banyak juga tenaga yang dihabiskan untuk membuat konten. Tapi nampaknya ini bukan jadi masalah bagi blogger kelahiran Tulungagung ini. Jika Anda sering mengunjungi blog Iwan, sudah jelas kalau ia sangat sering mengunggah konten baru. Bahkan, dalam sehari ia bisa menerbitkan dua sampai tiga artikel.

Seperti belum cukup, Iwan juga menjajaki platform YouTube. Ini pun ia lakukan tanpa usaha yang setengah-setengah. Video-video yang dibuat memiliki editan yang cukup apik. Di samping itu, ide konten dan informasi yang disampaikan juga sangatlah detail. Bagi siapapun yang tertarik dengan dunia otomotif, bersambang ke blog Iwan Banaran adalah hal yang wajib dilakukan. Tak lupa, Iwan juga memiliki website toko online yang masih satu niche dengan blognya.

Catatan inspirasi dari Iwan Banaran:

    ·         Bedah niche Anda ke berbagai ide konten yang menarik.

    ·         Buatlah konten secara terus-menerus dan konsisten. Semakin sering Anda membuat konten, semakin besar audiens kembali mengunjungi blog.

    ·         Kembangkan konten ke berbagai platform, misalnya YouTube dan Instagram.

    ·         Buat website toko online sesuai dengan niche blog.


5. Hey Theresia

5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow


Tere adalah blogger yang memiliki passion mendalam soal makanan. Dalam blognya, Hey Theresia, ia berbagi berbagai pengalaman mencicip makanan di berbagai restoran, berbagi resep, hingga berkreasi dengan berbagai produk makanan. Semua konten itu berhasil Tere kombinasikan ke dalam artikel bilingual, foto-foto yang menggugah selera, serta video YouTube yang oke punya.

Ide konten yang unik dan kreatif. Kedua hal itulah yang barangkali menjadi daya pikat blog ini. Tere berhasil menyajikan resep-resep panganan khas mancanegara seperti Hotteok (panekuk khas Korea), Salmon Mentai Rice, dan Beef Shirataki Mentai. Bukan sekedar resep-resep unik saja yang ditawarkan, Tere juga memberikan berbagai opsi bahan dan cara mendapatkannya.

Sebagai seseorang yang memulai menulis blog sejak 2014, konsistensi Tere untuk membuat konten benar-benar teruji. Karena hal ini, ia sempat menjadi salah satu perwakilan Indonesia pada Influence Asia Awards pada tahun 2015 di Singapura. Selain itu, Tere juga mengisi berbagai event offline, mengisi salah satu segmen di Indonesia Morning Show (NET TV), diliput oleh Indonesia Tatler dan Majalah Cleo, serta bekerja sama dengan berbagai brand F&B terkemuka.

Catatan inspirasi dari Hey Theresia:

    ·         Buat konten yang unik dan sediakan berbagai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

    ·         Buat kreasi unik yang memungkinkan brand tertarik bekerja sama.

    ·         Kombinasikan konten tulisan dengan foto dan video menarik.

    ·         Perkuat tulisan dengan deskripsi sehingga pembaca bisa berimajinasi.


Apakah Kamu Sudah Dapat Inspirasi Sekarang?

Semoga sudah ya. Kan, kita sudah belajar apa saja hal yang penting bagi sebuah blog inspiratif. Tak lupa juga, kita mengintip bagaimana para blogger Indonesia menerapkan prinsip penting tersebut ke dalam blognya.


 ·  

2 Komentar untuk "5 Blogger Indonesia Sukses yang Wajib Kamu Follow"

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel