Interaksi Negara-Negara Di Benua Asia dan Benua Lainnya

 

Interaksi Negara-Negara Di Benua Asia dan Benua Lainnya

 

Teori pergeseran benua yang dikemukakan oleh Alfred Wagener menyatakan bahwa keenam benua itu pada mulanya adalah sebuah benua induk besar yang bernama Pangaea (supercontinent). Alfred Wegener yang pada tahun 1910 mulai meneliti kesamaan fosil hewan dan tumbuhan yang terletak di dua daratan yang terpisahkan oleh Samudera Atlantik. Hasil penelitiannya juga menunjukan kesamaan bentuk garis pantai antara Afrika dan Amerika Selatan. Struktur geologis dan bukti kesamaan fosil yang ditemukan yang mengarahkannya untuk menyimpulkan bahwa kedua benua dulunya bersatu dan kemudian bergerak berpisah, yang akhirnya pada tahun 1912 dikenal sebagai Pergeseran Benua (continental displacement). Teori tersebut dipublikasikan tahun 1915 dalam The Origins of Continents and Oceans. Dalam publikasi tersebut, Wegener berpendapat, sebuah benua tua “supercontinent” mulai pecah sekitar 200 juta tahun lalu menjadi Laurasia dan Gondwana.

Laurasia adalah suatu benua besar di belahan bumi utara yang terpisah dari Pangea Supercontinent. Laurasia yang sekarang terdiri atas benua Eropa dan Asia (Eurasia) serta benua Amerika Utara. Gondwana adalah benua besar di belahan bumi selatan yang terpisah dari Pangaea Supercontinent. Gondwana terbentuk dari massa daratan benua Antartika, Afrika, Amerika Selatan, Australia, pulau Irian, Selandia Baru, Kaledonia Baru, India, Balkan, dan Madagaskar pada masa kini. Teori Wegener tersebut, akhirnya diterima, setelah tahun 1950an dimodifikasi sebagai Teori tektonik lempeng dan teori pemekaran dasar laut

Gerak pembentuk permukaan bumi adalah Gerak Epirogenesis. Akibat proses pergeseran bumi, benua induk secara bertahap / lambat dalam kurun waktu yag lama terpecah-pecah menjadi beberapa paparan daratan yg disebut BENUA (kepulauan) yang terpisahkan oleh paparan perairan yg disebut SAMUDRA. Benua merupakan hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dibatasi atau dikelilingi oleh samudra, sedangkan pulau adalah daratan yang relatif sempit dan dikelilingi oleh laut.

Berdasarkan pembagian bumi bagian barat dan timur, ternyata sebagian besar daratan bumi berada di belahan bumi timur. Benua yang terletak di belahan bumi timur adalah benua Australia, dan Asia. Benua yang terletak antara belahan bumi barat dan timur adalah benua Eropa dan Afrika sedangkan benua yang seluruhnya berada di belahan bumi bagian barat adalah benua Amerika. Selain berupa daratan luas (benua), terdapat pecahan-pecahan lempeng kecil yang membentuk pulau dan kumpulan pulau (kepulauan), seperti Tanah Hijau (Greenland), Kepulauan Indonesia, Kepulauan Jepang dan Filipina, serta Selandia Baru.

 

A. KONDISI GEOGRAFIS BENUA ASIA DAN BENUA LAINYA

1.   BENUA ASIA

a. Letak dan Luas Benua Asia

Berdasarkan letak astronomisnya, Benua Asia terletak pada 26° BT-170° BT dan 11° LS-80° LU. Sebenarnya, daratan Asia menjadi satu dengan daratan Eropa. Oleh karena itu, kedua benua tersebut sering disebut Erasia. Secara geografis Asia terletak di antara Benua Eropa, Australia, dan Afrika serta di antara Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Batas Benua Asia adalah sebagai berikut:

  • Di sebelah barat Benua Asia berbatasan dengan Pegunungan Ural, Sungai Ural, pantai barat Laut Kaspia, Turki, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah, dan benua Eropa.
  • di sebelah utara Benua Asia berbatasan dengan Samudra Arktik dan Selat Bering,
  • di sebelah selatan Benua Asia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia;
  • di sebelah timur Benua Asia berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Benua Asia meliputi hampir sepertiga daratan didunia Luas Benua Asia adalah 43.998.920 km² yang meliputi hampir sepertiga dari luas daratan di bumi.

 

b. Pembagian Wilayah Benua Asia

Benua Asia terdiri Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Negara yang terdapat di benua Asia adalah sebagai berikut.:

  1. Asia Tenggara meliputi Indonesia, Singapura, Brunai Darussalam, Philipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Thailand, Laos, Malaysia, dan Timor Leste.
  2. Asia Barat meliputi Arab Saudi, Yordania, Suriah, Israel, Irak, Iran, Afghanistan, Kuwait, Bahrain, Qatar, Yaman, Oman, dan Turki.
  3. Asia Selatan meliputi India, Pakistan, Srilanka, Bangladesh, Nepal, dan Maladewa, Buthan.
  4. Asia Tengah meliputi Kazakstan, Usbekistan, Kirghistan, Tadzikistan, Turkmenistan, dan Armenia, serta sebagian China bagian barat (Propinsi Tibet, Xinjiang, Uygur, Mongolia).
  5. Asia Timur meliputi China, Jepang, Taiwan, Korea Utara, dan Korea Selatan.

Pembagian wilayah tersubut lebih didasarkan pada aspek budaya dibandingkan aspek fisik, sebab secara fisik daratan Rusia merupakan bagian dari daratan Asia tetapi secara budaya masuk dalam wilayah negara-negara Eropa

 

c.Keadaan Alam Benua Asia

1)Iklim

Keadaan iklim di Asia sangat bervariasi. Hal itu pengaruhi oleh letak geografis dan letak astronomisnya. Iklim di Benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut:

  •  Asia Utara, khususnya Siberia Utara, beriklim kontinental kutub. Musim dingin berlangsung lama, sedangkan musim panas sangat singkat. Suhu udara pada musim panas ± 10°C. Pada musim dingin, suhu udara berada di bawah nol derajat Celcius. Curah hujan terbanyak terdapat di dataran rendah muara Sungai Amur. Ha1 itu disebabkan oleh angin muson tenggara dari Laut Jepang. Makin ke selatan. curah hujan semakin berkurang.
  • Asia Tengah beriklim darat (kontinental) dengan curah hujan sedikit. Pada musim panas suhu udara di Asia Tengah sangat panas dan pada musim dingin suhu udara sangat dingin. Daerah terkering terdapat di Gurun Gobi.
  •  Asia Barat, terutama jazirah Arab dan Plato Iran, beriklim darat ( iklim gurun: Jazirah Anatolia beriklim mediterania. Curah hujan terbanyak terdapat di pantai timur Laut Hitam.
  •    Asia Selatan dan Asia Tenggara. Kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara beriklim tropis basah. Di kawasan tersebut hujan terbanyak terjadi di daerah Cherrapunji. Hal itu disebabkan oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala. Pada bulan Maret dan April suhu udara rata-rata adalah 35°C. Asia Timur, terutama Jepang dan Korea, beriklim subtropik. Hujan banyak turun, khususnya di Jepang bagian selatan. Hal itu terjadi karena pengaruh angin laut Samudra Pasifik.

2)Bentang Alam

Bentang alam atau bentuk muka bumi benua Asia beraneka ragam yang mayoritas wilayah terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Pegunungan Himalaya merupakan pegunungan tertinggi di dunia dengan puncaknya Mount Everest (Gauri Sangkar) tinnginya mencapai 8.848 meter. Titik terendah dunia juga terletak di Asia dengan Titik terendah adalah Laut Mati, yang membujur di daerah antara Israel, Palestina, dan Yordania, berada pada 417,5 meter di bawah permukaan laut. Secara garis besar bentang alam benua Asia dapat dijelaskan sebagai berikut ;

  • Rangkaian Pegunungan, antara lain Pegunungan Himalaya, Pegunungan Hindu-Kush, Pegununga Korakorum, Pegunungan Asia Tengah, Pegunungan Sirkum Pasifi dan Pegunungan Meditarian. Kemudian ada Pegunungan Kin Lin dan Pegunungan Kwen Lun di daerah sekitar Korea. Pegunungan yang terdapat di Jepang, Taiwan, Filipina, dan Indonesia merupakan pegunungan muda vulkanik dan merupakan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik . Selain itu, di Asia juga terdapat Pegunungan Hindukush, Altai, Ticushan, Karakorum, dan Altyn Tagh
  • Daerah Plato atau Dataran Tinggi, antara lain plato Tibet, plato Mongolia, dan plato Dekan. Sedangkan dataran tinggi terdapat di Pegunungan Ghast, Pegunungan Adams dan Pidurutalagala di wilayah Sri Langka.
  • Daerah Basin atau Cekungan, antara lain Danau Aral, Danau Baikal, Danau Balkash, Danau Urmia dan Laut Mati (Danau Garam) serta Danau Kaspia sebagai danau terluas di dunia
  • Wilayah Gurun dan Hutan Hujan Tropis, antara lain Asia bagian barat laut sebagian besar wilayah berupa padang pasir yang merupakan bagian dari gurun gobi dan gurun Ordos Selain itu juga terdapat Gurun Thars, Gurun Taklamakan, dan Gurun Rubal Khali. Di benua Asia banyak ditemui Hutan hujan Tropis karena beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi yang membentang sebagain besar di Asia Tenggara
  • Sungai-sungai besar yang terdapat di Benua Asia, antara lain, Sungai Gangga, Sungai Indus, Sungai Brahmaputra, Sungai Mekhong, Sungai Yangtse, dan Sungai Huang Ho (Sungai Kuning)
  • Daerah depresi dijumpai di berbagai kawasan, antara lain:

  1. Sepanjang aliran Sungai Ob, Sungai Yensei, Sungai HuangHo, dan Sungai Yangtse:
  2. dataran rendah sepanjang Sungai Indus dan Sungai Gangga di Pakistan dan India;
  3. dataran rendah di Semenanjung Indocina, Semenanjung Malabar, dan Indonesia.

 

d.Karakteristik Benua Asia

1.Merupakan benua terluas di seluruh dunia

2.Penyuplai minyak bumi terbesar di dunia (Timur Tengah).

3.Mempunyai pegunungan tertinggi di dunia yaitu pegunungan Himalaya.

4.Memiliki puncak gunung tertinggi di dunia yaitu mount Everest.

5.Pertumbuhan penduduknya rata-rata diatas 2% per tahun.

6.Mempunyai danau terluas di dunia yaitu danau Kaspia 394.299 km2

7.Mempunyai laut terluas di dunia yaitu Laut China Selatan 2.974.614 km2

 

2.   BENUA AMERIKA

a.Letak dan Luas Benua Amerika

Secara geografis, letak Benua Amerika sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan. Secara Astronomis benua ini terletak antara 55⁰ LS - 83⁰ LU dan 33⁰ BB - 170⁰ BT. Luas benua Amerika adalah 42.549.000 km2, merupakan benua terluas ke dua setelah benua Asia

Adapun negara di kawasan benua Amerika adalah:

•Amerika Utara meliputi Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko

•Amerika Selatan meliputi Argentina, Brazil, Bolivia, Chili, Ghuyana, Ekuador, Columbia, Peru  Paraguay, Suriname, dan Venezuela.

•Amerika Tengah meliputi Kuba, Kosta Rika, Panama, Haiti, Elsalvador, Nikaragua, dll.

 

b.Iklim Benua Amerika

Iklim di benua Amerika terbilang bervariasi, akan tetapi masih ada iklim dominan di masing-masing wilayahnya. Berikut adalah iklim benua Amerika meliputi beberapa wilayah antara lain :

1.Iklim subartik terdapat di Alaska dan Kanada bagian utara.

2.Iklim darat terdapat di sekitar Amerika Serikat bagian timur sampai perbatasan Kanada.

3.Iklim tropis di Brazil (Negara Terbesar di Amerika Selatan yang mengalami hujan terbanyak yaitu di daerah Amazone).

4.Iklim subtropik terdapat di sekitar Tanjung Kennedy, Dataran Rendah Mississippi.

5.Iklim semi gurun dan iklim gurun terdapat di Nevada Basin, gurun Atacama (Chili Barat), dan gurun Patagonia (Argentina Selatan).

6.Iklim laut di sepanjang pesisir Samudera Pasifik terutama di pantai Chili bagian barat, Alaska Selatan, dan Kanada bagian barat.

7.Iklim pegunungan di sepanjang pegunungan Andes tengah dan Sierra Medre Occidental

Dapat disimpulkan Karena luasnya wilayah, benua Amerika memiliki banyak iklim. Bagian utara beriklim dingin, bahkan sebagian wilayah Kanada, Alaska, dan Greendland tertutup es abadi walaupun musim panas. Dibagian selatan, beriklim panas dan lembab. Dibagian tengah beriklim sedang. Mayoritas wilayahnya memiliki musim panas yang hangat dan musim dingin yang dingin

 

c.Bentang Alam

Benua Amerika terbagi menjadi dua bagian, Amerika Utara tergabung dalam Benua Laurasia yang meliputi Benua Amerika Utara, Asia, dan Eropa. Sedangkan Amerika Selatan tergabung dalam Benua Gondwana yang meliputi Benua Amerika selatan, Afrika, dan Australia. Amerika Utara ditandai dengan batuan prakambrium perisai Kanada, batuan metamorf dan zona pegunungan Applachia dan Cordillera. Sedangkan Amerika Selatan merupakan plato tengah Meksiko pegunungan Kristalin yang bersekat – sekat, pegunungan Andes, dataran tinggi yaitu Guyana, Brasillia, dan patagonia.

Benua ini membujur dari arah utara ke selatan dan membentuk dua daratan luas yang disebut Amerika selatan atau Amerika Latin dan Amerika Utara atau Anglo Amerika.Kedua daratan tersebut dihubungkan oleh daratan sempit dengan sebutan Amerika Tengah. Titik atau daratan tertinggi di amerika adalah gunung mckienly dan titik terendahnya berada pada badwater, lembah maut, kalifornia.

Benua Amerika dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan

1)Amerika Utara

Wilayahnya membentang dari Alaska bagian utara sampai perbatasan Meksico di bagian selatan. Secara garis besar keadaan bentang lamanya dapat diuraikan berikut ;

a)Bagian barat, sebagian besar berupa pegunungan kompleks yaitu pegunungan Rocky yang terdiri atas pegunungan Cascade, Pegunungan Siera Medre Barat dan Siera Medre Nevada. Dikompleks pegunungan Rocky terdapat daerah kering yaitu Great Basin. Selain itu juga terdapat ngarai yang sangat luas dan terbesar di dunia yaitu Grand Canyon yang terbentuk oleh aliran Sungai Colorado

b)Bagian tengah, terletak di sebelah timur pegunungan Rocky merupakan dataran rendah yang subur. Banyak dijumpai sungai-sungai besar antara lain Sungai MIsisipi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado dan Sungai Rio Grande yang merupakan batas negara Meksiko dan Amerika Srikat

c)Bagian timur, didominasi oleh dua kenampakan alam utama yaitu Pegunungan Allaghary dan Pegunungan Aphalachia serta Dataran Rendah Great Lakes St. Lawrence

2)Amerika Tengah

Wilayah Amerika Tengah didominasi oleh plato dan pegunungan. Plato yang terkenal di adalah Palto Meksiko dengan rata-rata ketinggian 2.500 m. Dibagian selatan wilayah ini terdapat Tanah Genting Panama dan Tanah Genting Tehuantepee. Pada Tanah Genting Panama dibuat terusan yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Poros kegiatan vulkanik di sebelah selatan Meksiko menjadi  rangkaian gunung dengan punggung yang konturnya sangat kasar dan cekungan berselang seling. Rangkainan pegunungan ini melintasi Guatemala, El Savador dan Nikaragua.

3)Amerika Selatan

Wilayah Amerika Selatan terbagi menjadi tiga bentuk permukaan yaitu Pegunungan, dataran tinggi dan dataran Rendah.

a)Rangkaian pegunungan Andes membentang dari utara ke selatan dengan puncak tertingginya Gunung Aconcagua (6.959 m) yang merupakan puncak tertinggi di benua Amerika. Dataran Tinggi utama Amerika Selatan adalah Dataran Tinggi Guyana, Dataran Tinggi Brasil dan Dataran Tinggi Patagonia.

b)Dataran rendah Amerika Selatan berada di sekitar lembah sungai besar yaitu Sungai Amazon, Sungai Orinoco, dengan anak-anak sunganya yang sumber airnya merasal dari mata air dataran tinggi. Dataran rendahnya sangat luas dan subur yang sebagian besar tertuutup pleh hutan Amazon.

 

b.Karakteristik benua Amerika

1.Mempunyai air terjun terbesar di dunia yaitu Air terjun Guaria (Brazil) dan air terjun terkenal yaitu Niagara di Amerika Serikat.

2.Puncak tertinggi di Gunung Aconcagua (6.959 m) dan bagian terendah adlah Death Veley (8n m dpl), Sungai terpanjang adlah sungai Amazon (6.300 Km) dan danau terbesar adalah Danau Michigan (58.016 Km2)

3.Mempunyai lembah terluas yaitu lembah Amazone (lembah hutan tropis di Brazil)

4.Pusat kantor Organisasi Perserikatan Bangsa Bangsa di kota New York

5.Tempat industri film terbesar dunia yaitu Hollywood Amerika Serikat

6.Tempat lahirnya mata uang internasional yaitu dolar Amerika Serikat.

7.Penghasil kopi terbesar dunia yaitu Brazil

 

2.   BENUA AFRIKA

a.Letak dan Luas Benua Afrika

Letak Astronomis Benua Afrika yaitu 350LU – 340 LS dan 170BB – 510 BT dengan Luas Wilayah Luas 30.224.050 km². Secara geografis benua Afrika dikelilingi Samudra Alantik dan Samudra Hindia dan berbatasan dengan Benua Eropa dan Benua Asia. Secara Rinci batas-batas benua Afrika sebagai berikut ;

•Utara :  Laut Tengah (Laut Mediterania)

•Timur  : Samudra Hindia, Laut Merah

•Selatan               : berbatasan dengan Samudra Atlantik

•Barat   :  Samudra Atlantik

 

Benua Afrika dibagi menjadi 5 zona atau wilayah yaitu:

•Afrika Utara meliputi negara Al jazair, Libia, Maroko, Mesir, Sudan, dan Tunisia.

•Afrika Timur antara lain meliputi: Ethiopia, Kenya, Somalia, Mozambik, Malawi, Rwanda,Tanzania, dan lain-lain (ada 11 negara)

•Afrika Selatan antara lain meliputi wilayah Madagaskar, Namibia, Republik Afrika Selatan, Zimbabwe, dan lain-lain.(ada 10 negara).

•Afrika Barat terdiri dari 19 negara antara lain Kamerun, Ghana, Liberia, Nigeria, Mali, Pantai Gading, Sinegal, dan lainnya.

•Afrika Tengah meliputi 9 negara, antara lain Angola, Republik Afrika Tengah, Kongo, Zambia, Gabon dan lainnya.

 

b.Iklim Benua Afrika

Secara Astronomis Benua Afrika dilewati garis katulistiwa sehingga berdasarkan posisi lintangnya mengakibatkan sebagian wilayah beriklim tropis, sementara bagian paling utara dan selatan beriklim subtropics. Benua Afrika dapat dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu sebagai berikut:

•Wilayah iklim ekuotorial terletak antara 10⁰ LU – 10⁰ LS

•Wilayah iklim tropis terdapat disebelah utara dan selatan wilayah iklim ekuatorial

•Wilayah iklim gurun terletak disekitar kawasan garis balik utara ( 23,5⁰ LU) dan garis balik selatan ( 23,5⁰ LS)

•Wilayah iklim mediteran terdapat dipantai tenggara Afrika dan sekitar laut Mediterania

Keadaan iklim juga dipengaruhi oleh wilayah yang luas dan dikelilingi plato dengan relief yang berbeda-beda hal ini menyebabkan perbedaan curah hujan. Daerah yang tidak menerima hujan sama sekali adalah daerah gurun Saharadan Kalahari hal ini sebabkan angina yang berhembus bersifat kering. Daerah yang mendapatkan curah hujan yang tinggi berada di sekitar katulistiwa, sepanjang pantai timur, di panati Guinea, dan daerah Abbnesinia.

 

c.Bentang Alam

Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi atau kebalikannya yakni bergurun. Namun di benua Afrika juga terdapat kawasan-kawasan subur di dataran rendah, misalnya di Lembah Sungai Nil dan Lembah Sungai Zaire yang merupakan lembah sungai terbesar kedua setelah Lembah Sungai Amazone. Jika dilihat dari kesuburannya tentu tidak mengalahkan benua lainnya yang sama-sama terlihat hijau

Plato yang populer antara lain : Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah. Sedangkan untuk Pegunungan yang terdapat di Afrika, yaitu Pegunungan Atlas yang membentang dari Pantai Barat Laut Afrika hingga Tunisia dan Pegunungan Cape di bagian Selatan. Gunung di Afrika pada umumnya tidak aktif, namun masih ada beberapa yang aktif. Adapun titik tertinggi Afrika berada di Gunung Kilimanjaro (5.894 m) di Afrika Timur selalu tertutup salju

Berdasarkan hasil penelaahan kondisi fisik wilayah, sebagian kecil bagian dari muka bumi Afrika yang berpotensi sebagai lingkungan hidup. Afrika memiliki tanah berpasir  yang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil. Tanah ini mengandung bebatuan.Tanah jenis ini sangat mudah dilalui air dan mengandung sedikit sekali humus. Oleh karena itu, tanah berkapur tidak begitu subur.Jenis tanah yang berbeda menyebabkan tanah mempunyai manfaat yang berbeda-beda pula..

Afrika banyak memiliki sungai besar.Sungai-sungai terkenal di Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya 6.500 km (terpanjang di dunia), Sungai Kongo, Sungai Orange di Afrika Selatan, Sungai Niger di Nigeria, dan Sungai Zambesi di Zambia.Beberapa aliran sungai tersebut dibendung untuk irigasi dan pembangkit listrik, misalnya bendungan Aswan yang membendung Sungai Nil dan bendungan Akosombo yang membendung Sungai Volta di Ghana.

d.Karakteristik benua Afrika.

1.Mempunyai gunung api tertinggi di dunia yaitu gunung Kilimanjaro (5.895m) di Tanzania

2.Mempunyai gurun terluas di dunia yaitu gurun sahara

3.Mempunyai sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil (6.690m) di Mesir.

4.Benua yang dilintasi garis khatulistiwa

5.Mempunyai piramida tempat makam raja Mesir

6.Merupakan benua termiskin di dunia

7.Mayoritas penduduknya terinveksi virus HIV dan AIDS

8.Merupakan benua hitam (penduduknya mayoritas berkulit hitam

9.Terdapat lalat Tse-Tse yang menyebabkan penyakit tidur.

 

3.   BENUA EROPA

a.Letak dan Luas Benua Eropa

Benua Eropa terletak di sebelah Barat Benua Asia. Bahkan dapat dikatakan bahwa Benua Eropa adalah semenanjung bagian Barat. Secara Astronomis letak benua Eropa berada di 100 BB- 660BT dan 340 LU – 710 LU. Batas – batas Benua Eropa antara lain Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik, Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia, Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Tengah dan Laut Hitam, Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik

Luas benua Eropa 10.507.630 km2, yang terbagi dalam beberapa Kawasan yaitu

1.Eropa Barat meliputi Inggris, Belanda, Belgia, Jerman, Prancis, Swiss, Luxemburg

2.Eropa Utara meliputi Swedia, Norwegia, Denmark, Irlandia, dan Finlandia

3.Eropa Selatan meliputi Spanyol, Yunani,Italia, Portugal, Bosnia, Malta, Albania, Kroasia, Serbia, montenegro.

4.Eropa Timur meliputi Bulgaria, Georgia, Rumania, Ukrania, Rusia, Nikaragua, Moldova, dan lain-lain.

5.Eropa Tengah meliputi Austria, Republik Ceko, Hongaria, Polandia, dan Slovakia.

 

b.Iklim Benua Eropa

Iklim Benua Eropa dapat dibedakan menjadi beberapa wilayah Iklim yaitu sebagai berikut :

1)Wilayah iklim sedang yang dipengaruhi oleh lautan.Wilayah iklim yang dipengaruhi oleh lautan tersebar dikawasan pantai barat dan kepulauan Inggris.atau Eropa Barat.

2)Wilayah iklim sedang yang dipengaruhi oleh daratan tersebar dikawasan pedalaman bagian barat dan timur Eropa.

3)Wilayah iklim Subarktik/iklim kutub/Tundra, di Eropa Utara.wilayah ini musim panasnya sangat singkat dan musim dinginnya sangat panjang.

4)Wilayah Iklim Subarktik terdapat disekitar garis lingkaran kutub utara (66,5 0LU)

5)Wilayah Iklim Mediteran/ iklim laut tengah.

6)Wilayah iklim mediteran tersebar diwilayah Eropa selatan yang berbatasan dengan laut Mediterania.

7)Iklim Peralihan di Eropa Tengah. Wilayah ini pada musim panas udaranya lebih panas dan musim dingin lebih dingin, dengan curah hujan hujan sangat sedikit.

 

c.Bentang Alam Benua Eropa

Benua Eropa termasuk dalam rangkaian pegunungan Sirkum Meditariania. Puncak tertinggi di Benua Eropa adalah Gunung Elburs (5.633 m) dan titik terendahnya Laut Kaspia berada pada kedalaman 28 M dpl. Secara garis besar bentang alam benua eropa dikelompokan dalam tiga bagian yaitu ;

1)Dataran Rendah

Sekitar dua pertiga wilayah Eropa merupakan dataran rendah. Dataran rendah ini membentang dari barat ke timur (dari Prancis, Benelux, Jerman Utara, Polandia sampai Rusia) dan dikelilingi oleh pegunungan Ural., Danau Laut Kaspia, Pegunungan Kaukaskus, Laut Hitam, Pegunun gan Alpen, dan kawasan Skandinavia Timur.

2)Jalur Lautan Lipatan

Jalur pegunungan lipatan terdiri atas pegunungan Alpen, pegunungan Ural, pegunungan Kaukasus. Ketiga pegunungan ini merupakan bagian dari sistem Pegunungan Sikum Mediterania.

3)Dataran Tinggi di Wilayah Semenanjung

Di Benua Eropa terdapat empat semenanjung yang luas, yaitu Semenanjung Skandinavia dibagian utara Eropa, Semenanjung Siberia (Spanyol dan Portugal), Semennanjung Italia (Appenina), dan Semenanjung Balkan (Yunani).

Rangkaian pegunungan yang terdapat di Eropa merupakan sumber mata air sungai-sungai besar yang mengalir di daratan Eropa. Berdasarkan arah aliran dan bermuarannya, sungai di Eropa dikelompokan menjadi lima yaitu sebagai berikut

1)Sungai-sungai yang bermuara ke laut tengah yaitu Sungai Ebre (Spanyol), Sungai Rhone (Perancis) dan Sungai Po (Italia)

2)Sungai-sungai yang bermuara kea rah barat yaitu Sungai Saine, Sungai Rhein, Loire (Perancis) dan Sungai Guandiana (Portugal)

3)Sungai-sungai yang bermuara di laut utara yaitu Sungai Wesser dan Sungai Elbe (Jerman), Sungai Oder dan Sungai Vistula (Polandia)

4)Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia yaiyu Sungai Volga (Sungai terpanjang di Eropa)

5)Sungai yang bermuara ke Laut Hitam yaitu Sungai Donau (Rumania)

 

d.Karakteristik benua Eropa

1.Mayoritas penduduknya bekulit putih

2.Mempunyai depresi yng cukup luas yaitu Alexander Polder (Belanda).

3.Tempat tokoh-tokoh penjelajah dunia.

4.Pertumbuhan penduduknya rata-rata dibawah 0,5%

5.Memiliki terowongan terpanjang dunia yaitu terowongan Simplon (Swiss – Italia).

6.Sebagai lahirnya pusat mode dunia yaitu kota Paris Prancis.

7.Benua Eropa dijuluki sebagai BENUA BIRU. Karena mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna dan kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).

 

4.  BENUA AUSTRALIA

a.Letak dan Luas Benua Eropa

Benua Australia (juga adalah sebuah benua paling kecil atau sempit dan paling akhir ditemukan (Wilm Jansz 1606, Abel Tasman Belanda 1644, dan oleh James Cook 1770 menemukan daerah pantai timur. Australia terdiri dari (dalam kelompok ukuran) tanah daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, dan beberapa pulau terdekat, yang berada di landas kontinen yang sama. Letak astronomis benua Australia : 1130 BT- 1550 BT dan 100 LS – 430 LS. Benua ini merupakan benua yang paling datar diantara 5 benua didunia.

Adapun Batas-Batas Benua Australia :

Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia (Samudra Indonesia)

Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik

Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor dan Laut Arafuru

Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia

 

Luas benua Australia adalah 7.686.850 km2.Luas wilayah itu dipisahkan dengan lautan di luar landas kontinen —Laut Arafuru dan Selat Torres antara Australia dan Papua Nugini, dan Selat antara daratan Australia dan Tasmania. Benua Australia dibagi menjadi 8 wilayah yaitu :

1)Australia Selatan beribukota Adelaide

2)Australia Barat beribukota Perth

3)New South Wales beribukota Sydney

4)Tasmania beribukota di Hobart

5)Queensland beribukota Brisbone

6)Victoria beribukota Melbourne

7)Australia Utara beribukota Darwin

8)Teritorial ibu kota Australia Canbera

 

b.Iklim Benua Australia    

Secara umum, iklim yang terdapat di Benua Australia dibagi menjadi dua, yaitu iklim matahari dan fisis. Iklim matahari ini disebabkan karena letak astronomis benua Austaralia yang sebagain dekat dengan ekuator dan sebagian lagi jauh dari garis ekuator. Sehingga, iklim matahari ini terbagi menjadi tiga lagi, yaitu Iklim Tropis yang sebagian besar dialami oleh wilayah bagian utara Australia, iklim subtropics yang dialami oleh wilayah selatan Australia, dan iklim sedang yang dialami oleh wilayah di pulau Tasmania.

Sedangkan, iklim fisis berdasarkan pada bentang alam dan topografi yang ada di benua Australia sendiri. Iklim ini terbagi menjadi tiga tipe yaitu, iklim muson yang dialami oleh wilayah Australia bagian utara karena terpengaruh angin muson, iklim gurun yang dialami oleh wilayah Australia bagian barat dan tengah dimana dipengaruhi oleh kondisi gurun yang ada, dan iklim laut yang dialami oleh wilayah Australia bagian pesisir pantai timur yang banyak dipengaruhi oleh angin laut.

 

c. Bentang Alam Benua Australia

Keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga wilayah gurun. Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi. Benua Australia termasuk benua yang sangat kering, bahkan hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpasir. Secara garis besar bentuk muka bumi benua Australia dapat diuraikan sebagai berikut ;

1)Dataran tinggi Australia terdapat di Plato Barat. Kawasan tersebut dahulu adalah kawasan pegunungan yang telah tererosi selama jutaan tahun. Kawasan plato Barat Australia mencakup Plato Hammersley, Plato Kimberley, dan Plato Tanah Arnhem, termasuk juga wilayah pegunungan dan perbukitan rendah, seperti Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgrave, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson. Di kawasan plato Barat ini terdapat ketampakan alam berupa batu cadas raksasa yang disebut Ayer’s Rock atau Uluru. Di kawasan plato Barat inilah terletak gurun-gurun Australia yang terkenal, seperti Gurun Victoria Besar, Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Tanami.

2)Dataran rendah Australia terdapat di bagian tengah dan Selatan, tepatnya di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor (Nurlabor Plain), di kawasan Danau Eyre, dan di Lembah Sungai Darling di New South Wales. Kawasan dataran rendah tersebut merupakan kawasan air bawah tanah yang membentang sejauh 2.000 km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat. Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan mencakup tiga perempat Queensland, seperempat New South Wales, sepertiga Australia Selatan, dan seperdelapan Daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dapat dipompa ke luar sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.

3)Wilayah gurun mendominasi daratan Benua Australia, luasnya ± 1.492.000 km² meliputi Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, Gurun Gibson, Gurun Shimpson, dan Gurun Stewart. Gurun-gurun tersebut pada umumnya merupakan plato, hanya di bagian tengah yang berupa gurun dataran rendah.

Ada 3 pegunungan besar di Australia, yaitu pegunungan Alpen, pegunungan Hamerslay dan pegunungan Mac Donell. Di pegunungan alpen yang terletak memanjang ke selatan terdapat gunung Kosciusko yang merupakan gunung tertinggi di benua Australia yang ketingiannya hanya 2.230 mdpl

 

d.Karakteristik Benua Australia

1.Benua Australia merupakan benua terkecil dibandingkan dengan benua lainnya

2.Benua yang hanya ditempati oleh satu negara.

3.Seluruh wilayahnya terdapat di belahan Bumi selatan.

4.Terdapat deretan pulau karang yang terbesar di dunia yaitu The Great Barrier Reef di perairan sebelah timur Australia.

5.Terdapat batu granit yang terbesar di dunia yaitu Ayers Rock.

6.Terdapat penduduk asli Aborigin yang mempunyai senjata khas boomerang

7.Banyak memiliki jenis hewan yang berkantung seperti kanguru

1 Komentar untuk "Interaksi Negara-Negara Di Benua Asia dan Benua Lainnya"

Silahkan Masukan Komentar dan saran Anda yang membangun agar blog saya bisa menjadi lebih baik. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel